DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:MIRANTI DIAH PRASTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21, tetapi pembelajaran literasi sains di SMAN 5 Banjarmasin belum terlatihkan dengan baik. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat PBM yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Adapun perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, Materi Ajar dan THB. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan, dimana menggunakan model Dick & Carey dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test desain pada 29 peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi perangkat PBM, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes literasi sains dan angket sikap ilmiah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat PBM termasuk valid karena RPP, LKPD, Materi Ajar, dan THB dalam kategori valid;(2) perangkat PBM termasuk praktis karena RPP dapat dilaksanakan dengan baik; (3) perangkat PBM termasuk efektif karena n-gain literasi sains, yaitu 0,55 dan n-gain sikap ilmiah sebesar 0,57; berarti peningkatannya dalam kriteria sedang. Dengan demikian, perangkat PBM yang dikembangkan adalah layak untuk melatihkan literasi sains dan sikap ilmiah pesertadidik.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI