DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
PENGARANG:HANIFAH WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN 

(Oleh: Hanifah Wahyudi; Pembimbing: Parham Saadi, Arif Sholahuddin; 2019; 91 halaman)

 

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang keefektifan penerapan model learning cycle 5E pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin. Rendahnya kemampuan keterampilan sosial dan penguasaan konsep peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan memerlukan adanya model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan sosial dan penguasaan konsep peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis inferensial menggunakan uji-t dan analisis deskriptif. Uji-t digunakan dalam menganalisis perbedaan hasil belajar penguasaan konsep kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui keefektifan model learning cycle 5E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat perbedaan hasil belajar penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2)Hasil belajar keterampilan sosial kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari data tersebut, dapat disimpulkan penerapan model learning cycle 5E efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan penguasaan konsep peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata kunci: Model learning cycle 5E, keterampilan sosial, penguasaan konsep, kelarutan  dan hasil kali kelarutan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI