DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KOTA BANJARMASIN DALAM PEMBERDAYAAN FORUM PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN
PENGARANG:NOORMITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


ABSTRAK

NorMita Sari, NIM D1A115054, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, Menyusun Skripsi dengan judul “Efektivitas Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin Dalam Pemberdayaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan” Di bawah bimbingan Enly Hadiyanoor, S.IP, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin dalam Pemberdayaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pemberdayaan organisasi kepemudaan khususnya organisasi Forum Pemuda Peduli Lingkungan. Teknik analisis secara kualitatif yaitu analisis data berdasarkan kata-kata yang disusun dalam bentuk teks yang diperluas. Data yang dianalisis adalah data dari situasi-situasi atau peristiwa yang terjadi di lapangan dan juga didukung dengan data primer yang berasal dari hasil wawancara, dokumentasi, pertanyaan-pertanyaan, tanggapan-tanggapan dari para informan dan studi kepustakaan berdasarkan indikator-indikator yang ditentukan dalam penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin dalam Pemberdayaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan dapat dikatakan efektif jika dilihat dari teori pengukuran organisasi menurut Emitai Etziomi dalam indikator adaptasi, integrasi, motivasi dan produksi. Adapun faktor pendukung dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin dalam pemberdayaan organisasi kepemudaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan adalah tingginya minat pemuda dalam berorganisasi serta semangat bekerja dari seluruh staff, pengurus, dan jajaran Dispora Kota Banjarmasin. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah belum didukungnya fasilitas sarana dan prasarana serta pendanaan yang belum jelas dan tidak adanya anggaran khusus untuk organisasi kepemudaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan. Ini merupakan tugas pemerintah daerah pada umumnya dan  Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin pada khususnya agar lebih memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan organisasi kepemudaan Forum Pemuda Peduli Lingkungan saat ini.Diharapkan kepada pihak legislatif agar diberikan anggaran untuk pemberdayaan pemuda agar berjalan dengan maksimal, mengoptimalkan SDM maupun fasilitas lain, mendorong lebih aktifnya Forum Pemuda Peduli Lingkungan dalam berorganisasi, mendorong atau mensuport semua organisasi kepemudaan yang ada, meningkatkan pembinaan dan kerjasama yang baik dalam menghasilkan kualitas pemuda yang berprestasi, mengoptimalkan untuk lebih banyak memberdayakan pemuda-pemuda yang ada di kota Banjarmasin dan perlu adanya kerjasama dan koordinasi dengan pihak lain.

Kata Kunci : Efektivitas, Pemberdayaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI