DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI RINGKASAN HIKAYAT “LAMBUNG MANGKURAT” SISWA KELAS VII SMPN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RASYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menceritakan kembali ringkasan hikayat “Lambung Mangkurat” kelas VII SMPN 9 Banjarmasin. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah RPP dan tes tertulis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan ialah proses dan hasil pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Sumber data pada penelitian ini berjumlah 26 peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar tidak sepenuhnya menggunakan (RPP) sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun, materi, metode, media, dan bahan ajar, serta sumber belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran.Kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali ringkasan hikayat Lambung Mangkurat masuk dalam kategori mampu. Nilai tertinggi dalam menceritakan kembali, yaitu 80, sedangkan nilai terendah, yaitu 65. Nilai 80 diperoleh 11 siswa, nilai 75 diperoleh 6 siswa, nilai 70 diperoleh 5 siswa, nilai 65 diperoleh 4 siswa.Dari hasil tes, terdapat 22 siswa yang dikategorikan mencapai KKM dengan nilai >75 dan 4 siswa yang dikategorikan tidak mencapai KKM <75.

Kata Kunci: pembelajaran, menceritakan kembali, menulis, hikayat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI