DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELATIHAN PENCAK SILAT UNTUK MENGOLAH KEMAMPUAN BELA DIRI PADA MAHASISWA TUNARUNGU UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:MUHAMMAD SIDIQ GONI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-05


 

 

Sidiq, Muhammad, A1F115022. 2019. Pelatihan pencak silat untuk mengolah kemampuan beladiri pada mahasiswa tunarungu di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Program pendidikan Khusus FKIP Universitas Lambung Mangkurat, pembimbing I Utomo, pembimbing II Septi Aryanti.

Kata kunci : pelatihan pencak silat, kemampuan beladiri, anak tunarungu.

            Pelatihan pencak silat sangatlah penting, tidak terkecuali mahasiswa tunarungu. Pelatihan pencak dapat membentuk karakter mahasiswa tunarungu menjadi lebih disiplin, menaati peraturan dan lebih percaya diri. Hal ini  tidak terlepas dari peran dan dukungan orang tua. Di universitas lambung mangkurat banjarmasin terdapat mahasiswa tunarungu yang mengikuti unit kegiatan mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate, organisai yang bergerak dibidang pencak silat.

            Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tunarungu yang kulaih di Universitas Lambung Mangkurat  banjarmasin, serta informan pendukung yaitu pelatih pencak silat dan orang tua subjek, sebagai informan pendukung  melengkapi informasi dalam penelitian ini. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi mengenai aktivitas selama latihan pencak silat. Wawancara mengenai pelatihan pencak silat  yang di terapkan pelatih dan dukungan orang tua terhadap siswa tunarungu. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dan menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi metode.

            Hasil dari Penelitian ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) sikap disiplin siswa tunarungu saat mengikuti latiahan pencak silat, mengenai disiplin waktu dan disiplin menaati peraturan. 2) kendala apa saja yang dihadapi saat melatih, yaitu yang menjadi kendala saat melatih adalah pelatih, komunikasi dan sarana dan prasarana. 3) maanfaat apa saja yang diperoleh saat mengikuti pencak silat yaitu, pencak silat sebagai olahraga, pencak silat sebagai seni, dan pencak silat sebagai mental dan spiritual. 4) bagaimana proses pelaksaan pencak silat, proses pelaksaan pencak silat yaitu meliputi kuda-kuda, sikap pasang, dan pola langkah.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI