DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi perilaku produksi pada budaya sungai
PENGARANG:Muhammad Rizalihadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAK

Muhammad Rizalihadi. 2019. Identifikasi Perilaku Produksi Pada Budaya Sungai “Urang Banjar” Sebagai Suplemen Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Dibawah Bimbingan Prof. Dr. Dwi Atmono., M.Pd M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Muhammad Rahmattullah M.Pd sebagai pembimbing II)

Kata Kunci : Perilaku Produksi, Budaya Sungai, Suplemen Bahan Ajar

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gambaran perilaku produksi pada budaya sungai “Urang Banjar”. (2) Mengetahui bagaimana implementasi perilaku produksi pada budaya sungai “Urang Banjar” dalam pendidikan sebagai suplemen bahan ajar pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif fenomenologis untuk mendeskripsikan mengenai perilaku produksi pada budaya sungai urang banjar. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer. Responden yang digunakan dalam penelitian ini 12 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Spreadley (Etnografi) dengan analisis taksonomi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku produksi pada budaya sungai urang banjar (1) Penggunaan sumber daya alam dimanfaatkan masyarakat untuk pengadaan alat dan bahan baik berupa bahan mentah maupun hasil produksi. (2) Sumber daya manusia berasal dari keluarga maupun tetangga sekitar rumah. (3) Menggunakan modal sendiri namun sebagian juga mengambil pinjaman yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dikelola. (4) Kewirausahaan masyarakat sebagian besar meneruskan usaha yang dikelola keluarga secara turun-temurun pemanfaatan sungai sebagai kegiatan produksi dapat dijadikan sebagai suplemen bahan ajar lokal disekolah khususnya pada pembelajaran ekonomi mengenai kegiatan produksi yang terdapat pada kompetensi dasar kelas X,XI,XII. Semua perilaku produksi terkait dan berhubungan dengan satu sama lain.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI