DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI IMINDMAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA SMA NEGERI 8 BANJARMASIN)
PENGARANG:FITRIA FEBRY SARINANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-07


IMindMap merupakan aplikasi yang mengadopsi metode peta konsep. Kajian dalam penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan aplikasi iMindMap terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain bentuk nonequivalent control group design. Penelitian menggunakan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 8 Banjarmasin dengan total 132 siswa. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan total sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian berupa 20 soal objektif pilihan ganda. Variabel penelitian yaitu pemanfaatan aplikasi iMindMap dan prestasi belajar. Teknik pengambilan data yaitu instrumen tes diberikan pada siswa ketika memulai pembelajaran (pretest) dan mengakhiri kegiatan pembelajaran (posttest) . Uji hipotesis menggunakan independent sample t test. Penelitian hasil akhir menunjukkan media iMindMapberpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan kata lain terdapat perbedaan hasil prestasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 77,5 dan kelas kontrol sebesar 69,28. Hasil uji independent t testthitung > ttabel dengan nilai 2,710>1,674, sehingga Ha diterima.

Kata kunci: iMindMap, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI