DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:MELI YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAK

MELI YANI. 2019. Pengaruh Pemanfaatan E-learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Dr.Supriyanto, dan Pembimbing II : Muhammad Rahmattullah M.Pd.

E-learning sebagai bentuk implementasi dalam pembelajaran, telah dimulai di Universitas Lambung Mangkurat khususnya Pendidikan Ekonomi sejak semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pemanfaatan E-learning diarahkan dapat mendukung aktivitas antara dosen dan mahasiswa seperti dalam penyampaian materi dan tugas (penilaian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pemanfaatan E-learning di program studi Pendidikan Ekonomi (2) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi (3) Pengaruh pemanfaatan E-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan  pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdari dari mahasiswa angkatan 2015-2018 yang berjumlah 175 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi parsial person product moment.  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemanfaatan E-learning di Prodi Pendidikan Ekonomi berada pada kategori sedang yaitu 56% (2) Presstasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi berada pada kategori baik yaitu 50,8% (3) Pemanfaatan E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan dengan nilai korelasi sebesar 0,199 > 0,148 pada taraf 5% dengan jumlah mahasiswa 175 responden. Karena koefisien korelasi yang diperoleh lebih besar dari 0,05 dan taraf signifikan (sig) 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini terjadi ada korelasi yang signifikan antara variabel pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar  dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP ULM

Kata Kunci : Pemanfaatan E-learning, Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI