DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH OPINI AUDIT, UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP AUDITOR SWITCHING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2017)
PENGARANG:EVITA SORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAKSI

Evita Soraya (2019). Pengaruh Opini Audit, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan dan Financial Distress Terhadap Auditor Switching (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2017).

Pembimbing : Novita Weningtyas Respati.

          Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh opini audit terhadap auditor switching; (2) pengaruh ukuran KAP terhadap auditor switching; (3) pengaruh ukuran perusahaan terhadap auditor switching; dan (4) pengaruh financial distress terhadap auditor switching.

          Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Terdapat 74 perusahaan yang digunakan sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel tersebut kemudian diolah menggunakan teknik analisis regresi logistik.

          Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Opini audit berpengaruh negatif terhadap auditor switching; (2) Ukuran KAP berpengaruh negatif terhadap auditor switching; (3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap auditor switching; dan (4) financial distress tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Implikasi dari penelitian ini agar auditor dan KAP dapat meningkatkan mutu dan kualitasnya dalam melakukan auditing dan juga menetapkan kebijakan dan prosedur untuk keberlanjutan hubungan antara auditor, KAP dan klien serta meningkatkan profesionalisme dan independensinya.

Kata Kunci : opini audit, ukuran KAP, ukuran perusahaan, financial distress, auditor switching.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI