DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERJANJIAN KERJASAMA KOPERASI KARYAWAN SABILAL MUHTADIN DENGAN PT. PERTAMINA DALAM PERSPEKTIF WARALABA
PENGARANG:NIDHA KHANSA NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui karakteristik Perjanjian Waralaba dan kesamaan Perjanjian Kerjasama antara Koperasi Karyawan Sabilal Muhtadin dengan PT. Pertamina dengan waralaba, serta seperti apa penerapan asas keseimbangan dalam perjanjian kerjasama tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan bersifat deskriptif, yang dilakukan dengan cara mengkaji dan mendeskripsikan dari bahan-bahan kepustakaan yang berupa literatur, perundang-undangan dan isi dari perjanjian yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas.

Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa : Pertama, Perjanjian Kerjasama Pengusahaan SPBU antara PT. Pertamina dan Koperasi Karyawan Sabilal Muhtadin. Perjanjian tersebut setelah dilihat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2007 tentang Waralaba, dapat dikatakan bahwa perjanjian ini berkarakteristik sebagai waralaba karena telah memenuhi unsur kriteria waralaba sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Peraturan Perundangan tersebut. Kedua, setelah dilihat berdasarkan pengujian daya kerja asas keseimbangan, dalam Perjanjian Kerjasama Pengusahaan SPBU antara PT. Pertamina dan Koperasi Karyawan Sabilal Muhtadin, dengan bentuk perjanjian ini yang baku menjadikan perjanjian ini cenderung berat sebelah atau dapat dikatakan tidak seimbang. Dengan tidak terpenuhnya kriteria pengujian daya kerja asas keseimbangan maka dapat dikatakan bahwa Perjanjian Kerjasama Pengusahaan SPBU antara PT. Pertamina dan Koperasi Karyawan Sabilal Muhtadin ini tidak menerapkan asas keseimbangan dengan optimal.

 

Kata Kunci : Perjanjian Waralaba, Koperasi Karyawan, PT. Pertamina

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI