DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DAN ISPRING SUITE PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 2 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PENGARANG:Kesuma Anugerah Yanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


Abstract: Learning media based on technology can facilitate the delivery of material to students and can attract students attention to teaching and learning activities. One of the learning mediathat can be developed to be interactive is based on PowerPoint and iSpring Suite.Therefore, this study aims to describe the process of developing and to describe teacher and student’s responses to the use of interactive learning media based on PowerPoint and iSpring Suite on trigonometry material. The method used in this study is Research and Development. The population of this study was the students of class X SMA Negeri 2 Banjarmasin. The data were collected by using questionnaires. The learning media were validated through media validation and material validation. The data analysis technique was descriptive qualitative. The study results consisted of media quality and user responses. It can be concluded that the overall average is 72.25% with the worthy category as an interactive learning media.

 

Keywords: media, learning, interactive, powerpoint, ispring suite

 

Abstrak: Media pembelajaran berbasis teknologi dapat mempermudah penyampaian materi kepada siswa dan dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar. Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran ineraktif berbasis Powerpoint dan iSpring Suite. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap mengembangkan dan mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap pengunaan media pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint dan iSpring Suite pada materi trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Media pembelajaran divalidasi melalui tahap validasi media dan materi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdiri dari kualitas media dan tanggapan pengguna. Dapat diambil kesimpulan dari rata-rata keseluruhan memperoleh persentase 72,25% dengan kategori Layak sebagai media pembelajaran interaktif.

 

Kata kunci: media, pembelajaran, interaktif, powerpoint, ispring suite

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI