DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KESULITAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015-2017 FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:NUR RIZKA RAKHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAK

 

Rakhmah, Nur Rizka. 2015. Pengaruh Kesuitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015-2017 FKIP ULM Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. Supriyanto (2) Muhammad Rahmatullah, M. Pd.

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kesulitan belajar matematika ekonomi yang dialami mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2017 FKIP ULM, (2) untuk menganalisis hasil belajar matematika ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2017  FKIP ULM, dan (3) untuk menganalisis pengaruh kesulitan belajar terhadap hasil belajar mata kuliah matematika ekonomi mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2017 FKIP ULM.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode Ex Post Facto. Populasi penelitian berjumlah 238 mahasiswa, sampel penelitian menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krejcie Morgan, adapun jumlah sampel penelitian 148 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2017 FKIP ULM Banjarmasin yang sudah mengambil mata kuliah matematika ekonomi. Teknik pengumpulan data berupa metode angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk variabel kesulitan belajar memiliki nilai rata-rata 79,84 yang di mana kesulitan belajar tersebut berada pada kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar mahasiswa memiliki nilai rata-rata sebesar 59,11 dengan kategori rendah. Diketahui rhitung > rtabel (0,320 > 0,161) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar mata kuliah matematika ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015-2017 FKIP ULM Banjarmasin. Besarnya pengaruh (r) sebesar 0,320 dengan kata lain pengaruh yang ditimbulkan sebesar 32% dan pengaruh tersebut dikategorikan lemah.

Kata kunci: Hasil belajar, Kesulitan belajar, Matematika Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI