DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA ORIGAMI STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 3A SDN SEMANGAT DALAM 2 BATOLA
PENGARANG:M ULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAK

Muliana,   A1F115213.   Pengaruh  Media  Origami  Stick  Untuk  Meningkatkan

Kemampuan Membilang Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3A SDN Semangat Dalam 2 Batola.Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 2019. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Amka, M.si. Dosen Pembimbing (II) Jiyanta, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Origami Stick, Membilang, Tunagrahita Ringan.

 

Dilihat dari pengamatan anak tunagrahita ringan yang sedang duduk di kelas 3A SDN Semangat Dalam 2 Batola, ada satu orang anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan besar kecil suatu bilangan. Anak dapat membilang dari bilangan terkecil keterbesar dari angka 1 sampai 20, akan tetapi anak tidak dapat membilang dari bilangan terbesar ke terkecil. Dari hal tersebut peneliti berasumsi bahwa dengan penggunaan media Origami Stick dapat membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membilang.

Penelitian menggunakan metode pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak tunagrahita ringan dengan pengumpulan data berupa observasi tak terstruktur dan instrumen tes. Analisis data menggunakan statistik kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental Desaign dengan menggunakan rancangan One Grup Pre-Test Post-Tes. Dalam desain ini, sebelum perlakuan (Treatment) diberi Pre-Test (tes awal) dan diakhir pembelajaran subjek penelitian diberi Post-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang pada anak tunagrahita ringan kelas 3A SDN Semangat Dalam Batola mengalami peningkatan. Dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan media Origami Stickmenunjukkan bahwa nilai rata-rata dari keseluruhan anak adalah 55,33 menjadi 89,66.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI