DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI LEADERSHIP DALAM FILM MY STUPID BOSS
PENGARANG:SHOFA YOLANDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


ABSTRAK

Shofa Yolanda Sari, D1C113104, 2019. Representasi Leadership dalam Film My Stupid Boss. Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Atika.

Film My Stupid Boss karya chaos@work merupakan sebuah film bergenre komedi yang di adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan  suatu kepemimpinan yang ada di dalam sebuah perusahaan dengan seorang pemimpin yang memiliki sikap sangat keras kepala dan semaunya kepada bawahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi leadership yang terkandung dalam film My Stupid Boss.

Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dan dengan tipe penelitian deskriftif. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi simbolik.

Hasil penelitian menunjukkan film My Stupid Boss adalah film yang menampilkan unsur-unsur kepemimpinan yang menceritakan antara seorang pemimpin dan para bawahannya di dalam suatu perusahaan,ada 4 tipe kepemimpinan yang terdapat di dalam film My Stupid Boss yaitu tipe kepemimpinan otoriter, tipe kepemimpinan demokratis, tipe kepemimpinan karismatis dan tipe kepemimpinan birokratis. Sikap kepemimpinan dapat dilihat dari perlakuan pemimpin kepada para bawahannya yang ada di perusahaan. Representasi leadership yang ada didalam film ini dapat dilihat dari potongan-potongan scene yang diteliti berdasarkan lambang/simbol, klasifikasi dan prediksi/analisis data.  

 

Kata Kunci :  Analisis Isi, Representasi Leadership, Film.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI