DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN
PENGARANG:RAISA NORLATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model learning cycle 5E untuk mengembangkan karakter komunikatif dan hasil belajar IPA kelas VIII G di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan karakter komunikatif peserta didik melalui model learning cycle5E, (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA peserta didik melalui model learning cycle5E, (3) Menganalisis hubungan karakter komunikatif dan hasil belajar IPA melalui model learning cycle 5E. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain time series design sebanyak enam pertemuan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Banjarmasin, sedangkan sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 27 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif yang terdiri dari observasi karakter komunikatif, hasil belajar peserta didik, dan statistika inferensial yang terdiri dari uji korelasi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model learning cycle 5E dapat mengembangkan karakter  komunikatif peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 27 Banjarmasin, (2) Penerapan model learning cycle 5E dapat mengembangkan hasil belajar peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 27 Banjarmasin dengan rata-rata akhir berada pada kategori baik, (3) Terdapat hubungan antara karakter komunikatif dan hasil belajar IPA dengan kategori sedang setelah penerapan model learning cycle 5E pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 27 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Model learning cycle 5E, karakter komunikatif, hasil belajar IPA

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI