DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOVIA HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


 ABSTRAK

 

NOVIA HANDAYANI. D1A115058. Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Dalam Pengembangan Industri Kecil Menengah di Kota Banjarmasin. Dibawah Bimbingan Rahma Yuliani Sebagai Dosen Pembimbing.

 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin memiliki wewenang untuk melaksanakan pengembangan industri kecil menengah yang merupakan salah satu program Walikota Banjarmasin Tahun 2016-2021. Adapun implementasi strategi yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian, yaitu: program pemerintah, fasilitasi, pelatihan, dan promosi.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mempunyai dua sumber data yaitu data primer dan sekunder, serta proses pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Adapun penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis strategi apa saja yang telah dipilih oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi yang dipilih dan dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin menggunakan analisis SWOT, yaitu: (1) kekuatan (strength) berupa pelatihan; fasilitasi peralatan dan bahan praktek; tempat untuk pelatihan; tenaga pelatih yang profesional; serta anggaran; (2) kelemahan (weakness) berupa promosi yang belum optimal; kurangnya pengawasan setelah diadakan pelatihan; teknologi yang masih tertinggal; serta kurangnya inovasi dan kreatifitas; (3) peluang (opportunities) yang terdiri dari respon positif dari masyarakat; industri kecil menengah yang mengikuti pameran; potensi untuk membuka usaha baru; dan membuka lapangan pekerjaan baru; (4) ancaman (threat) berupa produk tidak dapat bersaing; pola pikir yang kurang cepat mengikuti perubahan; serta kurangnya tempat untuk memasarkan produknya. Adapun hasil pembobotan menggunakan diagram analisis SWOT strategi pengembanga industri kecil menengah berada pada kuadran I yang artinya strategi yang dapat digunakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam Pengembangan industri kecil menengah di Kota Banjarmasin adalah dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Untuk kendala yang dihadapi yaitu terkait masalah sumber daya manusia, teknologi, dan pemasaran.

 

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Industri Kecil Menengah, Analisis SWOT.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI