DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 10 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018/2019 PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
PENGARANG:RINA ERLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-06


Aktivitas relatifhrendah disebabkan oleh guru lebihybanyak menggunakan metode ceramah dan siswa hanya terfokus pada informasiyyang diberikan guru. Hasil belajar siswa dibawah KKM yang ditetapkan yaitu ≥70 untuk materi Biologi hanya mencapai sekitar 70% siswa kelas XI MIA 1. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikanapeningkatan aktivitas siswa, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa danzrespon siswa pada konsep sistem koordinasi manusiarmelalui penerapan model pembelajarn Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akttivias siswa yang diamati meningkat dari siklus I (83,3) ke siklus II (94,95). Hasil belajar kognitif produk yang dinilai melalui posttest meningkat dari siklus I (81,5%) ke siklus II (89,3%). Hasil belajar kognitif proses yang dinilai melalui LKPD dan hasil karya/produk meningkat dari siklus I (71,20) ke siklus II (88,66). Hasil belajar afektif perilaku berkarakter yang diamati meningkat dari siklus I (76,86) ke siklus II (88,50). Hasil belajarcafektif perilaku sosial yang diamati meningkatldari siklus I (70,24) ke siklus II (87,95). Hasil belajar psikomotor siswa yang diamati meningkat dariesiklus I (70,24) ke siklus II (87,95). Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif sebesar 80,60%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI