DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM AKTIVITAS MASYARAKAT DI MASJID SULTAN SURIANSYAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NOOR MEILINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-07


Suriansyah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Heru Puji Winarso, M. Si, M.A.P.

Masjid Sultan Suriansyah merupakan peninggalan kesultanan Banjar masih digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Kuin di Masjid Sultan Suriansyah memiliki nilai religius yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran IPS.

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan aktivitas masyarakat di Masjid Sultan Suriansyah. 2) mendeskripsikan nilai religius dari masyarakat Kuin Utara di Masjid Sultan Suriansyah. 3) Mendeskripsikan aktivitas keagamaan di Masjid Sultan Suriansyah sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi dengan reduksi data, pengujian data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Aktivitas keagamaan yang terdapat di Masjid Sultan Suriansyah didominasi oleh masyarakat Kuin Utara. Setiap hari masyarakat salat wajib berjamaah, juga diadakannya salat sunah seperti salat tobat dan gerhana. Ceramah dan pengajian rutin diadakan karena permintaan dari masyarakat. Kegiatan tahunan seperti Baayun Maulid dan sunatan juga diadakan di Masjid Sultan Suriansyah. 2) Aktivitas keagamaan yang dilakukan di Masjid Sultan Suriansyah mengandung nilai religius yang memandu mereka menjadi umat Islam yang lebih baik tanpa mereka sadari. 3) Masjid peninggalan Kesultanan Banjar ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS sesuai dengan materi kelas VII Semester II yaitu masuknya Islam ke Indonesia. Serta adanya aspek afektif yang bisa digali dari aktivitas masyarakatnya.

 

Kata Kunci: Masjid Sultan Suriansyah, Nilai Religius, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI