DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Uji Potensi Probiotik Isolat Lactobacillus plantarum JBS4 dan JBSxH.6.4 Asal Jaruk Tigarun (Crateva nurvala Buch.-Ham) secara In Vitro
PENGARANG:GUSTI NUR AIDA FASHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-08


ABSTRAK

UJI POTENSI PROBIOTIK ISOLAT Lactobacillus plantarum JBS4 dan JBSxH.6.4 ASAL JARUK TIGARUN (Crateva nurvala Buch.-Ham.) SECARA IN VITRO (Oleh: Gusti Nur Aida Fasha; Pembimbing: Hasrul Satria Nur, S.Si., M.Si., Dr. Nazarni Rahmi, S.TP., M.Si.; 2019; 74 halaman)

Isolat Lactobacillus plantarum JBS4 dan JBSxH.6.4 telah diisolasi dari jaruk tigarun (Crateva nurvala Buch.-Ham). Kedua isolat tersebut memiliki potensi sebagai probiotik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi potensi kedua isolat Lactobacillus tersebut sebagai kandidat probiotik. Pengujian in vitro dilakukan terhadap kedua kandidat probiotik meliputi: uji hemolisis, toleransi terhadap pH dan garam empedu, penghambatan terhadap bakteri patogen, dan interaksi terhadap bakteri nonpatogen. Sementara itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua isolat membentuk γ-hemolisis, toleran terhadap garam empedu 0,3% (b/v), toleran terhadap kisaran pH 2,0; 3,0; dan 4,0. Uji penghambatan menunjukkan bahwa kedua isolat Lactobacillus plantarum JBS4 dan JBSxH.6.4 memiliki penghambatan terhadap Eschericia coli ATCC25922 dan Staphylococcus aureus ATCC25923. Selain itu, uji interaksi juga menunjukkan bahwa tidak terdapat efek penghambatan terhadap Lactobacillus acidophilus FNCC0051. Oleh karena itu, kedua isolat Lactobacillus plantarum JBS4 dan JBSxH.6.4 telah terbukti sebagai probiotik berdasarkan uji in vitro.

Kata kunci : probiotik, in vitro, jaruk tigarun, Lac. plantarum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI