DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROSES PEMBUATAN FEATURE BUDAYA DALAM SIARAN RADIO (Studi Pada Feature Pro 4 RRI Banjarmasin Dalam Upaya Melestarikan Budaya Kalimantan Selatan)
PENGARANG:Bella Oktavia D
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-09


Bella Oktavia Dwi Utari, D1C114010, 2019. Proses Pembuatan Feature Budaya Dalam Siaran Radio(Studi Pada Feature Pro 4 Rri Banjarmasin Dalam Upaya Melestarikan Budaya Kalimantan Selatan). Dibimbing oleh: Bachruddin Ali Akhmad dan Sarwani.

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembuatan feature menurut Asep Syamsul M. Romli (2017) yang terdiri dari pra produksi, produksi dan pasca produksi yang dilaksanakan di Pro 4 RRI Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci ialah produser feature Pro 4 RRI Banjarmasin Heri Purwanto. Validitas data menggunakan triangulasi teknik metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa RRI Banjarmasin dalam menggarap produk siaran radio secara garis besar sudah sesuai dengan panduan produksi siaran radio, hal ini dibuktikan dengan adanya tiga proses utama menurut Romli (2017) yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi yang dikerjakan oleh RRI Banjarmasin dengan hasil sebagai berikut; proses pra produksi yang dimulai dengan tahapan mencari ide dan rapat perencanaan/koordinasi, proses produksi yang dimulai dengan kegiatan rekaman, sortir, penulisan naskah, take voice dan mixing hingga pasca produksi yaitu tahap review, pengiriman dan on air.

 

Kata kunci : Feature, Produksi Siaran Radio, Kualitatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI