DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:HISYAM ARAZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-10


Judul dalam penelitian ini adalah “Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Padi Sawah di Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan”. Penelitian ini bertujuan menentukan kelas kesesuaian lahan untuk lahan padi sawah di Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 9 satuan lahan dengan luas 183,16 km2 . Satuan lahan diperoleh dari hadil overlay peta bentuk lahan, peta penggunaan lahan, peta tanah, dan kemiringan lereng.

Data primer diperbolehkan melalui observasi di lapangan, pengambilan sampel tanah yang akan dianalisis baik secara langsung dan analisis laboratorium. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode matching dan metodescoring.

Hasil penelitian evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman padi sawah menggunakan metode matching menyatakan bahwa di Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupeten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan selatan berada di kelas kesesuaian lahan S2 (cukup sesuai), S3 (sesuai marginal), sedangkan metode scoring berada pada kelas S1 (sangat sesuai) dengan faktor pembatas berupa KTK dantemperatur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI