DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR DOSEN MATA KULIAH AKUNTANSI TERHADAP NILAI KARAKTER KEJUJURAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:NUR IZZATI ILMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-10


ABSTRAK

 

Nur Izzati Ilma, A1A315218. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Kemampuan Mengajar Dosen Mata Kuliah Akuntansi terhadap Nilai Karakter Kejujuran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM sebagai pembimbing I dan Muhammad Rahmattullah, M.Pd sebagai pembimbing II)

 

Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat. Persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi adalah proses kognitif yang dialami oleh mahasiswa di dalam memahami informasi dari dosen mengajar mata kuliah akuntansi tentang sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Nilai karakter kejujuran adalah sikap ataupun perilaku seseorang yang senantiasa dapat menyesuaikan antara apa yang diucapkan dengan apa yang ada di dalam hatinya sehingga seseorang tersebut dapat dipercayai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran mahasiswa

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 174 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisis uji korelasi product moment.

 

Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan uji korelasi product moment pearson menunjukan bahwa koefisien korelasi mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran rhitung sebesar 0,201 lebih besar dari rtabel 0,148 pada taraf 5%. Karena koefisien korelasi yang diperoleh lebih besar dari 0,05 dan taraf signifikan (sig) 0,008 < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini terjadi ada korelasi yang signifikan antara mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran mahasiswa Pendidikan Ekonomi ULM. Sehingga dapat dikatakan Hipotesis Alternatif (Ha) terbukti yaitu adanya pengaruh persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dosen mata kuliah akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM.

 

Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Dosen, Mata Kuliah Akuntansi, Kejujuran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI