DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS GROUND VIBRATION UNTUK MENDAPATKAN JARAK AMAN PELEDAKAN PADA PT BHUMI RANTAU ENERGI, KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMAD KAHFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-10


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Muhamad Kahfi         : ANALISIS GROUND VIBRATION UNTUMENDAPATKAN     JARAK AMAN PADA PT BHUMI RANTAU ENERGI,

 

                                  KABUPATEN TAPINPROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT Bhumi Rantau Energi merupakan perusahaan Owner tambang batubara yang bekerja melayani operasi produksi untuk PT Kalimantan Prima Persada di Pit Mahoni. Salah satu kegiatan penambangan adalah pengupasan lapisan penutup dengan cara pemboran dan peledakan. Indikator keberhasilan selain tercapainya target produksi peledakan, antara lain ground vibration. Dimana ukuran fragmen yang dihasilkan berpengaruh untuk proses penggalian overburden yang terledakkan yang mempengaruhi kinerja alat gali muat dengan tidak mengesampingkan getaran peledakan yang ditimbulkan. Geometri peledakan yang digunakan yaitu burden 8 m x spasi 6 m dengan kedalaman lubang bervariasi antara 5 m sampai 8 m. jarak pengukuran ground vibration  250 m sampai 550 m dari lokasi peledakan. Semakin besar jumlah isian bahan peledak yang digunakan semakin besar pula ground vibration yang dihasilkan, maka jumlah isian bahan peledak harus dikurangi untuk mengurangi ground vibration yang dihasilkan.

 

 

 

Metode analisa hasil peledakan menggunakan rumus scale distance. Dari rumus scale distance, didapatkan simulasi jumlah isian bahan peledak dengan nilai PPV yang disimulasikan sebesar 5 mm/s.

 

 

 

Dengan menggunakan rumus scaled distance maka direkomendasikan jumlah isian bahan peledak pada jarak 250 sebesar 35 kg/lubang, jarak 350 m sebesar 38 kg/lubang, jarak 450 sebesar 35 kg/lubang dan jarak 550 m sebesar 37 kg/lubang..

 

 

Kata Kunci      : Ground Vibration, Getaran, PPV

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI