DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL PADA JALAN SEI. ANDAI - JALAN PADAT KARYA BANJARMASIN
PENGARANG:TRIA FUJISHAKTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-10


EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL

PADA SIMPANG TIGA JL. SEI. ANDAI – JL. PADAT KARYA (BANJARMASIN)

 

Disusun Oleh : Tria Fujishakti

Pembimbing : Muhammad Arsyad, ST. MT

ABSTRAK

Persimpangan atau pertemuan jalan adalah titik temu dua jalan atau lebih yang memberikan pengaruh besar bagi kelancaran arus kendaraan pada jaringan jalan. Seperti pada pertemuan Jalan Sungai Andai – Jalan Padat Karya di Kota Banjarmasin yang sekitar persimpangan dekat dengan pasar dan pertokoan saat jam – jam sibuk pagi,siang,dan sore hari. Berdasarkan permasalahan ini perlu dilakukan evaluasi kinerja simpang tiga tak bersinyal di Jalan tersebut.

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan tingkat pelayanan persimpangan dan mengevaluasi simpang tersebut. Perhitungan analisis dan perencanaan dalam penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Pengambilan data primer berupa survey lalu lintas, penelitian ini dilakukan pada saat kondisi jam sibuk.

Berdasarkan hasil analisis perhitungan kondisi eksisting didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,829, Peluang antrian rata – rata 40,69% dengan tundaan rata – rata simpang sebesar 15,34 det/smp, maka indeks tingkat pelayanan (ITP) termasuk dalam level “C”. Kinerja simpang  JL. Sungai Andai – JL Padat Karya dapat diperbaiki tingkat pelayanannya dengan menerapkan perbaikan geometrik pada jalan mayor. Nilai DS mengalami perbaikan menjadi 0,481 , Peluang antrian 16,79 % dan tundaan menurun menjadi 10,29 det/smp atau nilai indeks tingkat pelayanan (ITP) simpang menjadi “B”.

 

Kata Kunci : Evaluasi , Simpang Tiga Tak Bersinyal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI