DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ORGANISASI DAN SOFT SKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:MAULIDAH HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-10


Maulidah Hasanah. 2019. Pengaruh Organisasi Dan Soft Skill Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat (Di bawah Bimbingan Dr. Supriyanto sebagai pembimbing I dan Melly Agustina Permatasari, M.Pd sebagai pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh organisasi terhadap  prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (2) pengaruh soft skill terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (3) Pengaruh organisasi dan soft skill terhadap pretasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode diskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat yang mengikuti organisasi dan yang pernah mengikuti organisasi yang dari tahun 2015, 2016, 2017, 2018,  yang terdiri dari 4 angaktan dengan jumlah mahasiswa Program Studi pendidikan Ekonomiyang mengikuti organisasi sebanyak 184 mahasiswa. Sampel penelitian menggunakan Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara organisasi terhadap prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat dengan hasil penelitian 0,038 < 0,05 dan diketahui angka thitung > ttabel      -2,094 >1,973. (2) Tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan antara soft skill terhadap prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat dengan hasil penelitian 0,226 >0,05 dan diketahui angka thitung > ttabel 1,216 <1,973 . (3) Tidak terdapat pengaruh secara simultan antara organisasi (X1) dan soft skill (X2) terhadap prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat dengan hasil penelitian 0,112 > 0,05 dan diketahui angka thitung  > ttabel 2,216 < 3,050, pengaruhnya sangat rendah yaitu hanya 2,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu sebesar 97,6%.

 

Kata Kunci: pengaruh, organisasi, soft skill, prestasi belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI