DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perancangan Konstruksi Dinding Penahan Tanah Pada Lereng Sungai Kuin
PENGARANG:ACHMAD YASRIFULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-11


PERANCANGAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH PADA LERENG SUNGAI KUIN”

 

Oleh :

Achmad Yasrifullah

 

Pembimbing :

Ir. Adriani, MT

 

ABSTRAK

Ruas Jalan Kuin Utara, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kaliamantan Selatan berada tepat di pinggiran Sungai Kuin. Tepatnya jalan yang berada di depan Mesjid Sultan Suriansyah, dimana jalan tersebut telah mengalami keretakan yang dapat berpotensi terjadinya kelongsoran. Apabila terjadi longsoran, maka akan mengakibatkan terhambatnya aktivitas lalu lintas di jalan tersebut yang juga berpengaruh kepada perekonomian masyarakat sekitar. Maka dari itu dinding penahan tanah diperlukan untuk menjaga kestabilan tanah di pinggiran Sungai Kuin agar tidak terjadi longsor.

       Perancangan ini diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data penyelidikan dilapangan dan laboratorium. Kemudian data yang didapatkan dianalisis dan diinterpretasikan. Lalu divisualkan dalam bentuk stratigrafi dengan cara memplot jenis lapisan tanah sesuai dengan hasil sondir dan boring yang sudah diinterpretasikan. Setelah itu dilakukan pengecekkan konsidi awal dari lereng sehingga dapat diketahui bentuk dari longsorannya. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung gaya-gaya yang bekerja pada dinding penahan tanah akibat beban lalu lintas dan beban lain yang berada di atasnya untuk mendapatkan daya dukung dari tanah. Lalu dilanjutkan dengan permodelan dan analisa menggunakan software Geo Studio 2012 untuk melihat nilai SF (safety factor). Pada bagian akhir dihitunglah volume dan harga satuan pekerjaan untuk mendapatkan besaran rencana anggaran biaya (RAB).

       Dari hasil analisis perancangan turap berjangkar, didapatkan profil turap baja FSP VIL bentuk kotak dengan panjang total turap 28 m. Pada tiang pancang menggunakan pipa baja dengan diameter 91,44 cm yang dipancang dengan kedalaman 28 m. Untuk stabilitas lereng dengan perkuatan tiang pancang didapatkan SF = 1,835> 1,5 maka dapat dikatakan aman. Berdasarkan perhitungan volume dan harga satuan pekerjaan, perancangan ini memerlukan biaya sebesar Rp 7.340.166.486,-

Kata Kunci : Kelongsoran, Dinding penahan tanah, perancangan turap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI