DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Rasisme dalam Film ( Analisis Isi Kualitatif dalam Film GreenBook)
PENGARANG:M Arie Arieyadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-11


ABSTRAK

            M. Arie Arieyadi, D1C114028, 2019, Representasi Rasisme Pada Film (Analisis Isi Kualitatif Pada Film GreenBook). Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Muhammad Alif.

Film GreenBookmerupakan sebuah film bergenre  biografi drama komedi Amerika yang diangkat dari cerita nyata Dr. Don Shirley, film ini menggunakan tiga bahasa didalamnya yaitu bahasa Inggris, Italia dan Rusia. Film ini memuat representasi rasisme didalamnya yang diamati berdasarkan lambang/simbol, klasifikasi dan prediksi/analisa data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi rasisme yang terkandung didalam film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teori yang digunakan dalam film ini adalah teori interaksi simbolik. Penelitian ini menggunakan konsep representasi rasisme yang terbagi menjadi dua, yaitu representasi rasisme personal dan representasi rasisme institusional.

            Hasil penelitian ini menujukkan adanya representasi rasisme sesuai dengan konsep  yaitu terbagi menjadi 2, rasisme secara personal yang terbagi menjadi 14 scene dan rasisme secara institusional sebanyak 4 scene, dimana sebagian besar menunjukkan indikator seperti adanya perlakuan tidak adil yang dilakukan secara personal dan institusional, mengejek/menghina nama dan referensi yang dilakukan secara personal dan institusional, mempersulit urusan birokrasi kaum minoritas, membentuk asumsi tanpa dasar atau stereotip terhadap ras tertentu, dan kekerasan terhadap kaum minoritas. Terdapat 18 scene yang mengandung representasi rasisme dari 207keseluruhan scene yang ada didalam film.

Kata Kunci : Analisis Isi, Film, Representasi, Rasisme

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI