DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPOSISI UKURAN DAN STATUS PENANGKAPAN UDANG JERBUNG (PENAEUS MERGUIENSIS DE HANN) PADA ALAT TANGKAP TOGO (FILTER NET) DI PERAIRAN SUNGAI MUSANG KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MARPUAH
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN
TANGGAL:2017-12-27


MARPUAH (G1C113203). Laporan penelitian skripsi Komposisi ukuran dan status penangkapan udang jerbung (penaeus merguiensis DE HANN) pada alat tangkap togo (Filter net) di perairan sungai musang kabupaten banjar kalimantan selatan, dibawah bimbingan Dr.Erwin Rosadi, S.Pi,M.Si sebagai ketua dan Siti Aminah,S.Pi sebagai anggota tim pembimbing.

Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui data identifikasi teknis alat tangkap togo (Filter net), untuk mendeskripsikan operasi penangkapan udang jerbung(penaeus merguiensis DEHANN) dengan menggunakan alat tangkap togo (Filter net), untuk mengetahui sebaran  ukuran panjang kerapas udang jerbung yang tertangkap dengan alat tangkap togo untuk menentukan status penangkapan udang jerbung dengan menggunakan alat tangkap di perairan sungai musang kabupaten banjar.

Penelitian ini dilaksanakan di desa bakambat kabupaten banjar kalimantan selatan.Waktu penelitian dan persiapan hingga pembuatan laporan selama 4 bulan mulai dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, metode  survey, observasi, pengukuran panjang udang dengan  menggunakan data sheet. data - data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil tangkapan alat tangkap togo nelayan desa bakambat yaitu udang jerbung (Penaeus Merguiensisi DE HANN), Udang loreng (Parapenaeopsis Sculptilis) da Udang Rebon (Acetes Indicus), Ikan Bilis (stolephorus sp), Ikan Bawal Putih 9pampus argenteus), Ikan Bulu Ayam (thryssa setirostris), Ikan Kipar, (scatophagus argus), Ikan Timah (trichiurus lepturus), Ikan Gulamah (argyrosomus amoyensis), Ikan Belanak (mugil dossumieri).

Berdasarkan penelitian yang sudah  dilakukan di dapatkan  hasil 1) data teknis alat tangkap togo yaitu badan jaring panjang 15 meter, tinggi 4 meter dan lebar 8 meter. Mesh size sayap kiri dan kanan 1,25 inchi, badan jaring 0,50 inchi, dan kantong jaring 0,10inchi. 2)Metode pengoperasian alat tangkap togo (Filter net) adalah pemasangan alat selama 1 jam, kemudian perendaman 1-5 jam, hauling 45 menit. alat tangkap togo bersifat pasif menghadang arah renang ikan dan memanfaatkan pasang surut air. 3) Hasil tangkapan udang jerbung (penaus merguiensisDE HANN) 14 kali sampling berkisar dari ukuran panjang kerapas 16-39 mm. 4) Status penasngkapan udang jerbung (Penaus merguiensis DE HANN) dengan status alat tangkap togo (Filter net) ialah sebanyak 234 individu (16,17 %, tergolong layak tangkap dan 1.166 individu (83,29%) tergolong tidak layak tangkap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI