DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA DINAS PEMUDA OLAHRAGA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA BARITO KUALA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD AZRUL ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-25


ABSTRAK

 

Muhammad Azrul Anwar, D1A11026, 2017, UPAYA DINAS PEMUDA OLAHRAGA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA BARITO KUALA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BARITO KUALA,Drs. H. Rusli Mar’ie, M.Si, Sidderatul Akbar, S.Sos, M.Si.

 

Penyelenggaraan otonomi daerah diartikan sebagai upaya pemberdayaan daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segala bidang kehidupan, termasuk bidang pariwisata. Pemerintah Daerah berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya guna menunjang pelaksanaan otonomi daerah secara luas, nyata, dan bertanggung jawab. Dan salah satu potensi yang dapat dikembangkan oleh Pemerintah Daerah adalah sektor pariwisata.

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Barito Kuala. Lokasi penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala dalam mengembangkan pariwisata belum secara maksimal dikarenakan masih terdapat kendala yaitu keterbatasan anggaran sehingga sarana pokok, pelengkap dan penunjang kepariwisataan belum dikatakan layak dan belum dilakukan perbaikan secara menyeluruh dan pengembangan kepariwisataan melalui promosi dirasa kurang karena hanya dengan penyebaran pamflet dan promosi dari mulut ke mulut hal ini dapat menyebabkan kurangnya minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata. Kendala lain yaitu kurangnya tenaga yang potensial dan dukungan masyarakat sekitar yang pada kenyataannya masih ada masyarakat lokal yang melakukan pengrusakan sarana dan prasarana sehingga mengurangi keindahan dari objek pariwisata tersebut.

 

 

Kata kunci : Upaya, Pengembangan, Pariwisata,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Muhammad Azrul Anwar, D1A111026, 2017, TOURISM DEVELOPMENT EFFORTS BY THE DEPARTMENT OF CULTURE AND TOURISM BARITO KUALA IN BARITO KUALA,Drs. H. Rusli Mar’ie, M.Si, Sidderatul Akbar, S.Sos, M.Si.

 

 

The implementation of regional autonomy is defined as the area and community empowerment to improve the welfare of the community in all areas of life, including the field of tourism. Local Government strives to develop all its potential to support the widespread implementation of regional autonomy, real and responsible. And one of the potential that can be developed by the Regional Government is the tourism sector.

 

The purpose of this study to determine the Regional Government's efforts in developing the tourism sector in Barito Kuala. The location of this research is the Department of Culture and Tourism Barito Kuala. The method used in this research is qualitative research.

 

The results of this study indicate that the efforts made by the Department of Culture and Tourism Barito Kuala in developing tourism not optimally because there are still obstacles, such as limited budget so the principal means, complementary and supplementary tourism is not considered a feasible and have not done overall improvement and development of tourism through the promotion is less because only with the spread of pamphlets and promotion of mouth it can cause a lack of interest of tourists to visit attractions. Another obstacle is the lack of power potential and support local communities that in fact there are still people who do the destruction of local infrastructure and facilities thereby reducing the beauty of the tourist attractions.

 

 

Keywords: Efforts, Development, Tourism,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI