DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD ALFIAN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-25


ABSTRAKSI

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Salah satu penyebab tingginya penduduk miskin karena tingkat pendidikan yang masih rendah. Tingginya tingkat kemiskinan ditunjukan dengan banyaknya jumlah penduduk miskin, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk yang tinggi.

Lokasi penelitian ini di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta data yang digunakan yaitu data sekunder yang terdiri dari data time series selama periode waktu 2001 sampai dengan 2017, data tersebut di analisis menggunakan model regresi linier berganda dengan melihat dari besarnya nilai R2 yang dilihat dari uji koefiesien determinasi, manguji variabel secara simultan (Uji F), dan secara parsial (Uji T). Untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sala satu pendekatan yang digunakan akan mengestimasi model regresi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikan dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan.

 

Kata kunci : Tingkat kemiskinan, tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan jumlah penduduk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI