DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Kendaraan Roda Dua Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Banjarmasin
PENGARANG:M. Bima Mustaqim
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-25


ABSTRAK

 

Muhammad Bima Mustaqim, 2019. Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Kendaraan Roda Dua Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetehuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Zainul Akhyar, (II) Harpani Matnuh.

Kata Kunci :Kebijakan Sekolah Penggunaan Kendaraan Roda Dua.

            Dalampenelitianinimengkajitentang Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Kendaraan Roda Dua Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan sekolah terhadap penggunaan kendaraan roda dua pada siswa kelas X dan faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi terhadap penggunaan kendaraan roda dua pada siswa kelas X.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi dengan sumber data. Pengujian keabsahan data dapat melalui meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi.

   Hasil penelitian menunjukkan sekolah membolehkan siswa menggunakan kendaraan bermotor tetapi dengan syarat harus sesuai standar pabrik atau tidak boleh memakai alat variasi karena akan mengundang perhatian pihak kepolisian dan di denda karena tidak sesuai standar pabrik kendaraan bermotor. Sekolah juga membolehkan siswa menggunakan kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM karena pihak sekolah harus mempertimbangkan bahwa jika siswa ke sekolah menggunakan kendaraan bermotor akan lebih mudah dan menghindari kemacetan sehingga siswa datang ke sekolah datang tepat pada waktunya. Pihak sekolah hanya membolehkan siswa yang datang ke sekolah menggunakan kendaraan bermotor dan menyediakan lahan parkir tetapi jika siswa terlibat dalam kecelakaan dan ada penilangan itu bukanlah tanggung jawab dari sekolah tapi tanggung jawab dari pihak orang tua siswa.

   Pihak sekolah menyarankan bahwa siswa harus mentaati rambu-rambu lalu lintas dan sesuai standar pabrik dalam menggunakan kendaraan bermotor supaya terciptanya keamanan dan ketertiban lalu lintas yang ada di jalan raya karena sangat penting membina dan menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa terutama yang menggunakan kendaraan bermotor.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI