DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017
PENGARANG:AKHMAD FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-26


Akhmad Faisal (2019) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Perataan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Pembimbing : Rusma Nailiah

 

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris pengaruh likuiditas, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017.Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah likuiditas, profitabilitas leveragedan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perataan laba yang diukur menggunakan indeks eckel.

            Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2017 yang berjumlah 137 perusahaan. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 53 perusahaan yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda pada tingkat signifikansi 5%.

            Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh terhadap perataan laba. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya tingkat profit perusahaan akan memicu manajemen melakukan perataan laba. Tingkat profit yang tinggi lebih disukai investor karena tingkat kembalian investasi juga akan lebih besar.  Semakin besar ukuran suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut akan melakukan perataan laba untuk menjaga citra perusahaan dimata para investor dan pihak-pihak eksternal . Variabel lainnya yaitu likuiditas dan leverage tidak terbukti mempunyai pengaruh terhadap perataan laba.

 

Kata Kunci :    Perataan laba, likuiditas, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI