DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESADARAN MASYARAKAT MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN ALALAK TENGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:ASLAMIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-26


ABSTRAK

 

Aslamiyah, 2019. Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Kelurahan Alalak Tengah Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Wahyu (II) Fatimah.

Kata Kunci: kesadaran,  kebersihan lingkungan.

 

Menurut Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tersirat bahwa lingkungan hiduplah yang mempengaruhi mahluk hidup, termasuk di dalamnya manusia. Manusia hendaknya menyadari kalau alamlah yang memberi kehidupan dan penghidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan yang bersih dan asri merupakan dambaan bagi setiap warga masyarakat yang menempati suatu pemukiman. Masalah-masalah yang kerap mengganggu kesehatan warga suatu pemukiman sering kali berasal dari kurangnya kualitas kebersihan dari warga dan lingkungannya.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kesadaran masyarakat mengenai masalah kebersihan di Kelurahan Alalak Tengah khususnya di Alalak Tengah RT 10 Kecamatan Banjarmasin Utara. (2) Inisiatif yang dimiliki masyarakat dalam menjaga kebersihan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian selanjutnya dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kebersihan lingkungan di Kelurahan Alalak Tengah RT 10 masih belum bisa dikatakan sebagai lingkungan yang sangat bersih maupun sehat. Kebersihan lingkungan masih sangat terlihat minim sekali meskipun masyarakat memahami bahwa kebersihan dan kesehatan lingkungan sangatlah penting. (2) Kesadaran masyarakat di Kelurahan Alalak Tengah  RT 10 mengenai pemahaman tentang arti menjaga kebersihan lingkungan memang sudah sadar tetapi dalam perilaku yang sebenarnya masyarakat masih belum sepenuhnya menunjukkan bahwa masyarakat sudah sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. (3) Masyarakat banyak masih belum memiliki inisiatif maupun ide kreatif terhadap sampah-sampah yang bisa di daur ulang menjadi bahan kreatifitas yang mana sebenanrnya dapat mengasilkan keuntungan apabila berhasil di pasarkan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar kebersihan lingkungan harusnya menjadi perhatian yang lebih serius lagi oleh lembaga-lembaga terkait seperti Dinas Kebersihan Lingkungan.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI