DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING | |
PENGARANG | : | Dina Amalia | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-09-27 |
Pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada
siswa (Student Centered), model pembelajaran yang direkomendasikan adalah
PBL. Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah inovasi dalam
pembelajaran agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat dioptimalkan. Dalam
PBL guru bertugas mensupport kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh penerapan model
pembelajaran PBL terhadap hasil belajar kognitif produk (2) mendeskripsikan
keterampilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik
Purposive sampling yang terdiri atas 3 kelas. Kelas X MIPA 2 dan X MIPA 6
sebagai kelas perlakuan, sedangkan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik
penelitian menggunakan Analisis Kovarian (ANACOVA). Data berupa hasil
belajar kognitif produk diperoleh melalui jawaban soal pretest dan posttest. Data
tentang keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil LKPD. Tekhnik
analisis data menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model PBL berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif produk pada konsep
Perubahan Lingkungan. Keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh kategori
amat baik pada aspek keterampilan menganalisis data, sedangkan pada aspek
keterampilan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data
dan membuat kesimpulan hanya tergolong baik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI