DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA SMAN 2 BANJARMASIN PADA PEMBELAJARAN KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
PENGARANG:Dina Amalia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-27


Pembelajaran pada kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada

siswa (Student Centered), model pembelajaran yang direkomendasikan adalah

PBL. Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah inovasi dalam

pembelajaran agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat dioptimalkan. Dalam

PBL guru bertugas mensupport kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan

siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh penerapan model

pembelajaran PBL terhadap hasil belajar kognitif produk (2) mendeskripsikan

keterampilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik

Purposive sampling yang terdiri atas 3 kelas. Kelas X MIPA 2 dan X MIPA 6

sebagai kelas perlakuan, sedangkan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik

penelitian menggunakan Analisis Kovarian (ANACOVA). Data berupa hasil

belajar kognitif produk diperoleh melalui jawaban soal pretest dan posttest. Data

tentang keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil LKPD. Tekhnik

analisis data menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

model PBL berpengaruh nyata terhadap hasil belajar kognitif produk pada konsep

Perubahan Lingkungan. Keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh kategori

amat baik pada aspek keterampilan menganalisis data, sedangkan pada aspek

keterampilan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data

dan membuat kesimpulan hanya tergolong baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI