DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aspek Sosial Tari Tapung Tawar Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kandangan
PENGARANG:Arliyanor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-09-30


                                                      ABSTRAK

 

 

Arliyanor . 2016.Aspek Sosial Tari Kreasi Tapung Tawar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kandangan. Skripsi, FKIP Unlam Banjarmasin Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Pembimbing: (I) Sulisno, S.Sn, M.A (II) Agus Pratama Andi Widodo, M.Pd

 

Kata Kunci: Aspek Sosial, Tari Kreasi Tapung Tawar, Kandangan.

 

            Penelitian ini berkenaan dengan Aspek Sosial Tari Kreasi Tapung Tawar di Kandangan Kabupaaten Hulu Sungai Selatan. Tari Kreasi Tapung Tawar  merupakan salah satu tari kreasi baru  berpijak pada pola tradisi, yang biasanya di pergelarkan pada waktu acara kawinan atau penyambutan tamu agung pada suatu acara. Tari Kreasi Tapung Tawar adalah tarian yang menceritakan tentang kebiasaan masyarakat setempat sebelum memulai acara ma’nyanggar atau ba’muludan terlebih dahulu anak-anak ditapung tawari agar anak-anak dan keturunan tersebut besarnya nanti menjadi anak yang berguna bagi Nusa dan Bangsa. Tari ini merupakan tari tunggal dan bisa ditarikan secara kelompok oleh penari wanita. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Bagaimana Sejarah Tari Kreasi Tapung Tawar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kandangan(2) Mendeskripsikan Bagaimana Keberadaan Tari Kreasi Tapung Tawar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kandangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Laporan berdasarkan pendekatan kualitatif mencakup masalah murni tentang program dan atau pengalaman orang dilingkungan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah Observasi (pengamatan langsung), wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, instrument tambahan untuk wawancara dengan menggunakan alat bantu perekam data seperti kamera foto dan tape recorder.

            Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan (1) Tari Kreasi Tapung Tawar Merupakan  suatu tarian kreasi baru yang masih berpijak pada tari klasik yang ada di Kandangan sejak tahun 1999 (2) dari hasil wawancara peneliti dengan penari yaitu Hayatun Nafisa, S.Pd, Eksistansi Tari Kreasi Tapung Tawar di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu dengan banyaknya ditampilkan saat HUT Kabupaten Hulu Sungai Selatan, upacara dan acara perkawinan. Kalau di upacara biasanya digunakan saat upacara memalas banua dan upacara maayun maulid, agar anak-anak yang di tapung tawari menjadi anak yang baik luhur budi pekertinya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa sejarah Tari Kreasi Tapung Tawar sudah ada sejak tahun 1999. Tari Kreasi Tapung Tawar berfungsi sebagai hiburan pada saat perkawinan dan penyambutan tamu agung. Tari Kreasi Tapung Tawar biasanya digelar pada waktu siang hari pada saat acara pengantin atau pada perayaan hari-hari besar lainnya. Kesenian Tari Kreasi Tapung Tawar yang ada di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada saat ini masih ada keberadaannya, namun apabila tidak ada generasi penerusnya maka Tari Kreasi Tapung Tawar tersebut mengalami kepunahan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI