DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Teknik Self Talk dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Adversity Quotient pada Siswa Kelas X MIPA di SMAN 7 Banjarmasin
PENGARANG:SYIFA FADILATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-01


Banyak para ahli maupun pakar pendidikan yang menyatakan pentingnya memiliki adversity quotient pada siswa sebagai bekal untuk menjadi individu yang berkualitas dan memiliki masa depan yang cemerlang. Adversity quotient merupakan kecerdasan dan keterampilan seseorang dalam menghadapi setiap kesulitan dan berbagai tekanan yang dialaminya dan pada akhirnya akan mengantarkan mereka menuju kesuksesan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran adversity quotient pada siswa sebelum dan sesudah diberikannya teknik self talk dalam layanan konseling kelompok dan untuk mengetahui efektivitas teknik self talk dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan adversity quotient pada siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen design dalam bentuk intact-group comparison. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Panduan Teknik Self Talk untuk meningkatkan Adversity Quotient pada siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Banjarmasin” dan instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran adversity quotient.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self talk dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan adversity quotient, yang ditandai dengan meningkatnya skor nilai persentase pada siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Banjarmasin setelah dilakukan treatment.

 

Kata Kunci:tTeknik Self Talk, Konseling Kelompok, Adversity Quotient

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI