DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT (CIPP) PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Rifki
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-01


Muhammad Rifki. 2019. Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Karir Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process and Product CIPP Pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Banjarmasin: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J. S.psi. M.Pd (II) Dr. Nina Permata Sari S.Psi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Evaluasi Program, Bimbingan Karir.

 

Fenomena yang di teliti adalah gambaran pelaksanaan bimbingan karir pada siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran context, input, process and product evaluation pada pelaksanaan program bimbingan karir dari guru BK yang ada di SMA Negeri 3 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Serta teknik analisis data berupa trianggulasi sumber dan teknik. Sampel yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah dan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan karir kepada siswa kelas XII sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan program yang sudah dibuat oleh guru BK, akan tetapi dalam pembuatan program lebih baiknya lagi guru BK agar dapat berkoordinasi dengan jajaran stakeholder yang ada di sekolah agar program yang dibuat menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai sebelumnya. Saran yang diberikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan bimbingan karir yaitu agar dapat mendukung dan membantu dalam meningkatkan pelaksanaan bimbingan karir untuk membantu memenuhi kebutuhan karir peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI