DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL SISWA TERISOLIR KELAS X DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:ERU FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-01


ABSTRAK

 

Eru Fitriana. 2019. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Siswa Terisolir  KelasX Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr.Ali Rachman M.Pd., (II) Mufida Istati, M.Pd.

 

Kata kunci: Kecemasan Sosial Siswa Terisolir, Teknik Role Playing

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kecemasan sosial siswa terisolir sebelum dan sesudah diberikan teknik Role Playing. Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan teknik Role Playing dalam mengurangi kecemasan sosial siswa terisolir kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan pre-eksperimental design dalam bentuk Intec-Group Comparation. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X  berjumlah 183 orang. Penelitian memiliki sampel berjumlah 10 orang. Sampel diambil berdasarkan hasil angket sosiometri 10 orang dengan kategori tinggi.

Hasil penelitian diperoleh  thit 10,05 > ttab 2,306 sehingga  H0 ditolak dan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa Bimbingan kelompok  menggunakan teknik Role Playing efektif mengurangi kecemasan sosial siswa terisolir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI