DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAYA KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS BUPATI PEREMPUAN DI KABUPATEN BARITO KUALA)
PENGARANG:AGNES REKSI NANDA HASIBUAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-01


Agnes Reksi Nanda Hasibuan, D1B115046, Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Pemerintahan Daerah (studi kasus bupati perempuan di kabupaten Barito Kuala), dibawah bimbingan Jamaluddin sebagai Pembimbing I dan Netty Herawati sebagai Pembimbing II.

Kepemimpinan perempuan menjadi isu publik yang selalu di perbincangkan. Peningkatan peran perempuan bukanlah tren apalagi fenomena baru seperti dikatakan sebagian orang. Perempuan sebagai kepala pemerintahan telah ada sejak abad ke-15. Kepemimpinan perempuan mulai bangkit dari tidur panjang sejak isu hak asasi manusia dan persamaan gender secara lantang di suarakan oleh aktivis feminisme. Kiprah perempuan tersebut semakin menonjol pada abad ke-21. Di berbagai negara, sebagian besar perempuan mengalami perkembangan dalam berbagai sisi kehidupan atau mobilitas vertikal. Sudah banyak kaum perempuan yang dapat mengenyam dunia pendidikan yang sejajar dengan kaum laki-laki sehingga dapat menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan dalam pemerintahan daerah (studi kasus bupati perempuan di kabupaten Barito Kuala. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan mengurai data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka,observasi, dokumentasi dan wawancara, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif kualitatif dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh Bupati Perempuan di Kabupaten Barito yaitu gaya kepemimpinan transformasional serta dapat disimpulkan bahwa dalam kepemimpinannya Bupati Barito Kuala senantiasa memberikan inspirasi dan memotivasi bawahannya, mampu mendorong (menstimulasi) bawahan untuk selalu kreatif dan inovatif, memahami dan menghargai bawahan berdasarkan kebutuhan bawahan dan memperhatikan keinginan berprestasi dan berkembang para bawahan.

 

 

 

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Perempuan, Bupati

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI