DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMILIHAN MODA ANTARA ANGKUTAN UMUM DAAT BUS REGULER, BUS EKSEKUTIF, MOBIL TRAVEL (STUDI KASUS RUTE KOTABARU - BANJARMASIN)
PENGARANG:MUHAMMAD RAHADIANNOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-02


ABSTRAK

Analisis Pemilihan Moda Antara Angkutan Umum Darat Bus Reguler, Bus Eksekutif, Mobil Travel (Studi Kasus Rute Kotabaru Banjarmasin)

 

MUHAMMAD RAHADIAN NOOR

NIM. H2A213020

 

PEMBIMBING :

 Dr. Ing. PUGUH BUDI PRAKOSO, S.T, M..Sc

 

Peningkatan pembangunan, perekonomian dan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Kotabaru membawa pengaruh pada peningkatan volume angkutan, khususnya menggunakan bus, dan travel tujuan Kotabaru-Banjarmasin.

Moda angkutan umum darat khususnya bus regular dan bus eksekutif mengalami penurunan di tingkat penumpang karena kalah bersaing dengan mobil travel, karena memberikan kemudahan, kenyamanan selama dalam perjalanan, dengan kondisi tersebut akhirnya masyarakat mulai selektif menggunakan angkutan yang lebih layak, untuk itu perlu dilakukan studi pemilihan moda.

Studi pemilihan moda menggunakan pendekatan Model Multinomial Logit. Data primer yang dibutuhkan denganmelakukan kuisioner kepada responden dan interview langsung kepada pelaku perjalanan.  Selanjutnya data primer dianalisa dengan bantuan software NLOGIT LIMDEP untuk mendapatkan rumus utilitas yang akan digunakan dalam perhitungan probabilitas moda bus regular, bus eksekutif maupun mobil travel.

            Hasil analisa permodelan dengan parameter yang berpengaruh dalam pemilihan moda adalah, bus regular waktu perjalanan, biaya perjalanan, umur,  dan pekerjaan, bus eksekutif waktu perjalanan biaya perjalanan, dan pendapatan, sedangkan mobil travel waktu perjalanan, biaya perjalanan, pendidikan, dan waktu melakukan perjalanan.

            Perubahan biaya dan waktu perjalanan akan menaikkan persentase probabilitas bus regular terhadap bus eksekutif dan mobil travel. Analisa sensitifitas terbesar adalah perubahan waktu perjalanan

 

Kata kunci: pemilihan moda, permodelan, probabilitas, bus reguler, bus eksekutif, mobil travel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI