DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN JEKAN RAYA KOTA PALANGKA RAYA
PENGARANG:ROSSY NURNANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-03


Penelitian ini dilakukan bertujuan : (1)Untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif terhadap kualitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat yang menyangkut kualitas pelayanan    e-KTP di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Informan dalam penelitian ini adalah Camat Jekan Raya Kota Palangka Raya, kemudian pegawai Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya khususnya Kasi Pemerintahan dan 2 orang staf yang melakukan pelayanan publik. Kemudian informan lainnya yaitu masyarakat penerima pelayanan yang pernah menerima pelayanan langsung khususnya pelayanan e-KTP. Untuk mengumpulan data dalam penelitian, perlu dilakukan metode: wawancara dan dokumentasi yang ada di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan permohonan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya belum berjalan dengan baik karena adanya keterbatasan dalam pelaksanaan program kerja menyebabkan pelaksanaannya belum sesuai dengan standar operasional yang diharapkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dilihat dari 5 indikator : 1) Reliability (keandalan) masih terdapat dalam memberikan pelayanan pegawai yang tidak sesuai dengan dijanjikan, 2). Assurance (jaminan dan kepastian) masih terdapat pegawai belum menanamkan kepercayaan kepada masyarakat berkaitan dengan adanya kelancaran pelayanan E-KTP, 3). Tangibles (bukti fisik) belum memiliki peralatan modern guna menunjang yang diberlakukan pada setiap pelayanan E-KTP, 4). Empathy (perhatian) secara individual kepada masyarakat yang membutuhkan perhatian dari pegawai kecamatan belum konsisten, sedangkan 5). Responsiveness (ketanggapan) pegawai membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsive) dan tepat, dengan penyampaian informasi yang jelas pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya dengan optimal. Faktor penghambat adalah : (1) Masalah kecepatan SDM mengakses Pelayanan Administrasi Terpadu Kantor Kecamatan (PATEN), (2) kurangnya sarana penunjang kerja dan (3) Dana yang tersedia untuk mengatasi keluhan pegawai meningkatkan kemampuannya (4) masih adanya komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa daerah (bahasa dayak) sehingga terkadang tidak dimengerti oleh pemohon yang bukan berasal dari daerah tersebut.

Saranpenelitian adalah (1)Mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kelengkapan berkas karena hal ini berkaitan dengan prosedur pengurusan E-KTP.  (2) Perlu diadakannya pendidikan dan pelatihan yang menyangkut penguasaan bidang kerja. (3) Perlu penambahan sarana pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. (4) Hendaknya komunikasi yang dilakukan terhadap masyarakat khususnya dalam pengurusan E-KTP dibantu oleh para aparatur desa/kelurahan secara langsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI