DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MTsN BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
PENGARANG:Sitriyani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-04


EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MTSN BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. (Oleh : Sitriyani ; Pembimbing : Hidayah Ansori, R. Ati Sukmawati; 2017; 66 halaman) ABSTRAK Dewasa ini banyak pihak menuntut peningkatan intensitas dan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan formal. Salah satu karakter yang perlu dikembangkan untuk siswa adalah karakter tanggung jawab. Mengembangkan karakter tanggung jawab dapat dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar, salah satunya dalam pembelajaran matematika. Namun matematika sering dianggap sangat sulit oleh banyak siswa di sekolah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan karakter tanggung jawab siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS, untuk mengetahui perkembangan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS dalam mengembangkan karakter tanggung jawab siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model TPS dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTsN Batu Ampar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sehingga diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran TPS, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan karakter tanggung jawab siswa dengan menggunakan model TPS mengalami peningkatan yang cukup tinggi pada setiap pertemuan dan perkembangan karakter tanggung jawab siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan yang tak terlalu pesat pada setiap pertemuan. Model pembelajaran TPS efektif mengembangkan karakter tanggung jawab karena berdasarkan hasil observasi terjadi peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Karakter tanggung jawab, Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, Hasil belajar siswa.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI