DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT BASIRIH DI SEKITAR KUBAH HABIB HAMID BIN ABBAS AL- BAHASYIM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:JAMALUDDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-07


Jamaluddin. 2019. Interaksi Sosial Masyarakat di Sekitar Kubah Habib Hamid bin Abbas Al-Bahasyim Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

 

Isu tentang pengembangan sumber belajar IPS yang masih hangat dibicarakan ialah kurangnya pemanfaatan konten lokal sebagai sumber belajar. Sumber belajar IPS yang dimanfaatkan guru selama ini hanya fokus dikembangkan pada aspek kognitif. Aspek afektif atau sikap (attitude) peserta didik kurang diperhatikan. Gejala ini berdampak pada pandangan peserta didik dan masyarakat terhadap pembelajaran IPS, bahwa pembelajaran IPS hanya menghafal fakta dan konsep. Penelitian ini menjelaskan tentang biografi Habib Hamid bin Abbas Al-Bahasyim, bagaimana bentuk interaksi sosial yang terjadi di sekitar Kubah dan bagaimana bentuk interaksi itu dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan biografi Habib Hamid bin Abbas Al-Bahasyim untuk mendeskripsikan bentuk interaksi sosial. Lalu interaksi tersebut dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

 

Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data, serta verifikasi data.

 

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa  1) Habib Hamid bin Abbas Al-Bahasyim merupakan ulama yang masih sejuriah dengan Sunan Ampel Surabaya, yang mempertemukan keduanya adalah mereka sama-sama zuriah dari waliyullah Muhammad Shohib Mirbath (zuriah generasi ke-16 dari Rasulullah S.A.W). Menjadi zuriah Nabi Muhammad merupakan hal yang membuat masyarakat Basirih hormat kepada beliau. Berangkat dari situ peneliti merasa tertarik melakukan penelitian untuk melihat bagaimana interaksi sosial yang terjadi sekitar Kubah Habib. Interaksi yang terjadi memiliki bentuk. 2) Bentuk interaksi yang terjadi berdasarkan hasil penelitian ada tiga, majelis taklim, gotong royong, festival basirih. 3) Bentuk interaksi itu dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS dengan menjadikan contoh lewat tema interaksi sosial materi pelajaran IPS kelas VII.

 

Kata Kunci: Biografi Habib Hamid, Masyarakat, Interaksi Sosial, dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI