DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK BERBAHASA ANAK DALAM MENGELOMPOKKAN GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI / HURUF AWAL YANG SAMA PADA TEMA BINATANG MENGGUNAKAN VARIASI MODEL PRAKTEK LANGSUNG DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PKK MAWAR BANJARMASIN TENGAH
PENGARANG:JUHRIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-08


Kata kunci :Kemampuan Aspek Berbahasa,Mengelompokkan Gambar Yang Memiliki Bunyi / Huruf Awal Yang Sama, Praktek Langsung, ModelMake A Match

 

Permasalahannya yang terjadi di Taman Kanak – Kanak PKK Mawar Banjarmasin Tengah kelompok B anak usia 5 – 6 tahun adalah masih ada anak yang belum dapat mengelompokkan gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama. Anak yang masih belum mampu dalam mengelompokkan gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama 66,7 % dan yang sudah mampu sesuai dengan harapan 33,3 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Kemampuan Aspek Berbahasa Anak dalam Mengelompokkan Gambar yang Memiliki Bunyi/huruf Awal yang Sama pada Tema Binatang Menggunakan Variasi Model Praktek Langsung dengan Model Make a Match Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak PKK Mawar Banjarmasin Tengah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pkk Mawar Banjarmasin Tengahyang berjumlah 12 orang anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas anak dalam pembelajaran.

Aktivitas guru dalam menggunakan variasi model praktek langsung dengan model make a match mendapatkan skor 37 termasuk sangat baik terlaksana.Aktivitas anak saat pembelajaran dalam mengembangkan aspek bahasa melalui variasi model praktek langsung dengan model make a match 95.8% mencapai hasil sangat aktif dalam belajar.Pengembangan aspek  bahasa anak dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama melalui variasi model praktek langsung dengan model make a match pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak PKK Mawar Kecamatan Banjarmasin Tengah telah mencapai hasil dari 80% telah mencapai >*** yaitu 89%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan variasi model praktek langsung dengan model make a match pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak PKK Mawar Kecamatan Banjarmasin Tengah.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI