DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KAPASITAS SUNGAI BELERANG SEBAGAI PENAMPUNG AIR BUANGAN DARI SETTLING POND TAMBANG PT. ADARO INDONESIA KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:GHINA FIRJATURRAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-08


Banjir adalah suatu kondisi di mana tidak tertampungnya air dalam saluran (sungai) atau terhambatnya aliran air di dalam saluran atau sungai sehingga meluap,menggenangi daerah di sekitarnya. Segala upaya telah diusahakan untuk menanggulangi bencana banjir tersebut, tingginya curah hujan akhir-akhir ini menyebabkan debit aliran sungai tidak dapat menampung aliran air sungai, sehingga dapat menyebabkan bencana banjir, tanah longsor. Pekerjaan-pekerjaan persungaian biasanya dititikberatkan pada perbaikan alur sungai, normalisasi dasar dan tebing sungai, serta pembangunan fasilitas-fasilitas untuk pengendalian debit besar dan sedimen.

 

 Sehingga untuk mengatasi masalah banjir yang disebabkan debit aliran sungai tidak dapat menampung aliran air sungai,oleh karena itu penelitian ini akan menyelidiki kendala dan permasalahan dalam penggunaan analisis hidrologi dalam suatu pekerjaan pengendalian banjir sungai. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data sekunder, yang meliputi pengumpulan peta topografi dan data hidroklimatologi antara lain data curah hujan, data debit, dan data hidrologi. Selanjutnya dilakukan analisis hidrologi dan dilakukan perhitungan curah hujan rencana dengan menggunakan metode Log Normal dan metode Log Pearson Type 3.Hasil analisis untuk menghitung debit banjir rancangan Sungai Belerang ini menggunakan metode HSS Nakayashu.

 

Kata Kunci :Analisis Sungai Belerang Sebagai Penampung Air Buangan dari Settling Pond

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI