DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK KELAS X KOTABANJARBARU
PENGARANG:MUNA RIZKINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-10


ABSTRAK

Muna Rizkina. 2019. Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Kelas X Kota Banjarbaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd., M.Si. (II) Monry Fraick Nicky Gilian Ratumbuysang M.Pd.

 

Wirausaha merupakan salah satu upaya dalam mendukung perekonomian Negara. semua lembaga pendidikan SMK  di Banjarbaru memasukkan kewirausahaan kedalam kurikulum dan menjadikannya mata pelajaran wajib selama tiga tahun. Namun dalam kenyataannya minat berwirausaha siswa SMK masih tergolong rendah karena alasan modal dan rasa takut akan gagal dalam memulainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Motivasi Berwirausaha dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri kelas X kota Banjarbaru.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 1.253 dengan teknik pengambilan simple random sampling dan jumlah sampel 303 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri kelas X kota Banjarbaru. Lingkungan Sekolah terhadap minat berwirausaha dengan taraf signifikan sebesar 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dari uji regresi berganda nilai koefisien determinasi R2y(1,2) sebesar 0,463 hal ini berarti bahwa 46,3% perubahan pada variabel minat berwirausaha (Y) dapat dipengaruhi  oleh motivasi berwirausaha dan lingkungan sekolah, sedangkan sisanya 53,7 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci  : Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Sekolah, Minat Berwirausaha

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI