DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Puskesmas Long Ikis di Kabupaten Paser
PENGARANG:WINDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-10


ABSTRAK

Winda Sari, NIM D1A115074, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Puskesmas Long Ikis di Kabupaten Paser, dibawah bimbingan Asmu’i selaku pembimbing I dan Sidderatul Akbar selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pasien peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan Puskesmas Long Ikis di Kabupaten Paser serta melakukan analisis perbaikan pada masing-masing unsur pelayanan yang mendapatkan indek kepuasan masyarakat terendah.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terhadap sejumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling.

Hasil penelitian menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pasien peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan Puskesmas Long Ikis di Kabupaten Paser adalah 77,30 atau dapat diinterpretasikan kinerja unit pelayanan digategori Baik. Setiap unsur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah cukup memuaskan, walaupun ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dan diperbaiki, yaitu sarana dan prasana yang masih dianggap kurang memuaskan, serta layanan pengaduan, saran dan masukan yang masih berfungsi kurang maksimal sehingga masyarakat sulit untuk menyalurkan pendapat mengenai pelayanan yang di rasakan pada Puskesmas Long Ikis.

 

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Indek Kepuasan Masyarakat (IKM), Puskesmas BPJS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI