DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR SHARE, CIRCUIT LEARNING DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V SDN 1 GUNTUNG PAYUNG BANJARBARU
PENGARANG:DEVINA PRICILIA KRISTANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-10


ABSTRAK

 

Kristanti, Devina Pricilia. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Peristiwa dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Think Pair Share, Circuit Learning, dan Everyone is a Teacher Here pada Siswa Kelas V  SDN 1 Guntung Payung Banjarbaru” Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Peristiwa dalam Kehidupan, Think Pair Share, Circuit Learning,  Everyone Is A Teacher Here

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa yang pasif dan pembelajaran yang masih bersifat satu arah tanpa menggunakan variasi model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta mengetahui hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model Think Pair Share, Circuit Learning, dan  Everyone Is A Teacher Here.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun setting penelitian adalah siswa kelas V, tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengambilan data dan menggunakan cara observasi guru serta siswa dan hasil tes belajar siswa, indikator keberhasilan guru jika telah mencapai skor ≥34 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa dikatakan berhasil jika secara klasikal mencapai ≥82% dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil belajar individu siswa dianggap tuntas jika mencapai KKM ≥70, secara klasikal dikatakan tuntas jika kelas tersebut mencapai indikator 82% ketuntasan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mendapatkan skor 37 kategori sangat baik. Aktivitassiswa menunjukkanpersentase 92,86%kategori sangat aktif. Adapun pada hasilbelajar siswa meningkat menjadi 27orang siswa yang tuntas atau 96,42% dari jumlah siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada materi membaca pemahaman melalui kombinasi model Think Pair Share, Circuit Learning, dan  Everyone is a Teacher Heredikelas VSDN 1 Guntung Payung Banjarbaru meningkat. Disarankan kepada guru hendaknya dapat menjadikan model-model ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI