DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING PADA TEKS NONFIKSI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DIKOMBINASIKAN DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS 5 SDN SUNGAI PARING 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD AGUS RAHMATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-11


ABSTRAK

 

RAHMATULLAH, MUHAMMAD AGUS. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Think Pair Share DikombinasikandenganModel Cooperative Integrated Reading And Composition dan Make A Match pada Siswa Kelas 5 SDN Sungai Paring 2 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

Kata Kunci:Keterampilan membaca pemahaman, mengidentifikasi informasi penting pada teks nonfiksi,Think Pair Share, Cooperative Integrated Reading And Composition, dan Make A Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman dalam materi mengidentifikasi informasi penting pada teks nonfiksi. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam mengidentifikasi informasi penting pada teks bacaan, siswa yang pasif karena pembelajaran masih bersifat satu arah tanpa menggunakan variasi model pembelajaran. Hal ini berakibat rendahnya hasil belajar dalam materi mengidentifikasi informasi penting pada teks nonfiksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model Think Pair Sharedikombinasikan denganCooperative Integrated Reading And Composition dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sungai Paring 2 Kabupaten Banjar kelas 5 dengan jumlah siswa 20 orang dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan data dengan cara data kualitatif (aktivitas guru dan siswa) dan data kuantitatif (hasil belajar). Adapun indikator keberhasilan PTK ini adalah aktivitas guru mencapai kategori“Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapatmencapai ketuntasan belajar secara individu ≥75 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 mencapai skor 27kategori baik menjadi skor 32 kategori sangat baik pada pertemuan 3. Aktivitassiswa pertemuan 1 mencapai persentase 50% kategori cukup aktif menjadipersentase 90%kategori sangat aktif pada pertemuan 3. Adapun pada hasilbelajar siswa pada pertemuan 1 terdapat 10 siswa atau 50% yang tuntasmeningkat menjadi seluruh siswa atau 100% yang tuntas pada pertemuan 3.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Sharedikombinasikan denganmodelCooperative Integrated Reading And Composition dan Make A Match.Disarankan kepada guru untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca pemahaman dalam mengidentifikasi informasi penting pada teks nonfiksi di kelas V.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI