DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN JENIS, FUNGSI, DAN MAKNA MANTRA DAYAK NGAJU DI DESA KAYU BULAN
PENGARANG:FRANSUSI
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-12-29


Kata Kunci: Mantra Dayak Ngaju, Jenis, Fungsi, dan Makna

 

 Mantra Dayak Ngaju adalah susunan kata-kata yag mengandung kekuatan gaib yang biasa mengiringi ritual adat dan tujuan tertentu. Mantra ini diwariskan turun-temurun secara lisan dan disimpan dalam ingatan si pengguna. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis dan struktur mantra Dayak Ngaju, (2) untuk mengidentifikasi dan mendeskrisikan fungsi mantra Dayak Ngaju, dan (3) untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan makna mantra Dayak Ngaju.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa teks mantra Ngaju yang diperoleh dari hasil wawancara dengan masyarakat Dayak Ngaju di Desa Kayu Bualan kecamatan Kapuas Tengah kabupaten Kapuas propinsi Kalimantan Tengah. Peneliti sendiri menjadi instrument dalam penelitian ini dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencatat dan merekam mantra yang diucapkan informan.

            Hasil analisis menemukan bahwa Mantra Dayak Ngaju  memiliki berbagai jenis, fungsi, dan makna, yakni (1) berdasarkan jenis dan strukturnya memiliki jenis mantra adat istiadat, mantra pengobatan, mantra pelindung. Mantra-mantra tersebut memiliki struktur yang berbentuk terikat dan berbentuk bebas. (2) fungsi mantra Dayak Ngaju adalah untuk memberikan rasa aman dari roh halus atau gaib, untuk memperkuat doa pada ritual manajah antang, untuk untuk mendapatkan hewan buruan, untuk memanggil roh-roh leluhur pada ritual adat Sangiang, untuk mengembalikan roh-roh leluhur pada ritual adat Sangiang, untuk mengobati luka/ menghentikan pendarahan, untuk mengobati berbagai macam rasa sakit, untuk mengobati penyakit medis ataupun non-medis yang disebabkan oleh gangguan makhluk halus, untuk melindungi diri sendiri dari segala bahaya, untuk melindungi rumah dari niat jahat orang lain, untuk pemikat diri agar menjadi perhatian orang lain, untuk memikat lawan jenis. (3) makna mantra Dayak Ngaju berkenaan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, berkenaan dengan hubungan manusia dengan roh-roh leluhur, makhluk halus, jin, ataupun orang gaib, berkenaan dengan hubungan manusia dengan sesamanya, berkenaan dengan hubungan manusia dengan diri sendiri, dan berkenaan dengan hubungan manusia dengan alam sekitar.

            Kegiatan inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian mantra Dayak Ngaju perlu dilakukan sebagai dasar pengkajian lebih lanjut terhadap budaya dan tradisi masyarakat Dayak Ngaju pada umumnya. Penelitian selanjutnya tentang sastra lisan khususnya mantra Dayak Ngaju perlu dilakukan dan dikembangkan lebih luas, tidak hanya dari segi jenis, fungsi, dan maknanya, tetapi juga dari segi lainnya.